Kasus Pengadaan Ketapang Kencana yang Menyeret Walikota Makassar

Tiba-tiba, Direktorat Polisi Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) dari Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Polda) meluncurkan rencana untuk menyelidiki dugaan kasus korupsi Walikota Makassar Danny Pomanto pada hari Jumat (29 Desember 2017) untuk proyek Ketapang Kencana.

Kasus Ketapang Kencana yang Menyeret Walikota Makassar

Proyek Ketapang Kencana dari pemerintah kota Makassar diperkirakan mencapai Rp9.330.455.500 dalam anggaran daerah 2016.

Pemerintah kota Makassar kemudian menanam 5.000 pohon ketapang di 45 titik. Andi Etus Mattumi, ketua KP-GRD, mengatakan dia telah memulai penyelidikan sejak Mei 2017 dan melaporkan kasus kepolisian Makassar.

Etus menyatakan bahwa mereka mencatat pohon per pohon Ketapang Kecana yang ditanam, dan jumlahnya tidak sesuai dengan informasi dalam pendanaan APBD.

Sebulan kemudian, Etus melaporkan kasus ini ke Kejaksaan Sulawesi Selatan. Bahkan Etus dan teman-temannya datang ke gedung KPK di Jakarta pada 25 September 2017 untuk melaporkan kasus tersebut.

Polda Makassar kemudian menyerahkan kasus tersebut ke Polda Sulawesi Selatan.

Kasus itu sebenarnya diteruskan dari Polrestabes ke Polda Sulawesi Selatan. Kasus itu diserahkan dua minggu lalu, kata kepala kepolisian Makassar AKBP Anwar Hasan tadi malam.

Selanjutnya adalah perjalanan ke proyek Ketapang

2016

– Dianggarkan dalam APBD Rp 9.330.455.500

– 5.000 pohon ditanam di 45 titik

– Diharapkan dapat membawa kesejukan bagi warga kota

Mei 2017

– Komite Sentral Gerakan Revolusi Demokratik (KP-GRD) memeriksa pengadaan pohon Ketapang Kencana di Makassar

– Laporan KP-GRD ke BPK Sulsel

– KP-GRD melapor ke Polrestabes Makassar

7 Juni 2017

– Komite Sentral untuk Gerakan Revolusi Demokratik (KP-GRD) melapor kepada Jaksa Provinsi Sulawesi Selatan, Makassar

25 September 2017

– Laporan KP-GRD ke KPK

Awal Desember 2017

– Delegasi Polrestabes Makassar ke Polda Sulawesi Selatan

Akhir Desember 2017

– Polisi daerah Ditreskrimsus Sulawesi Selatan menandatangani surat panggilan pengadilan kepada walikota dan beberapa pejabat masyarakat

2 Januari 2018

Polisi daerah Ditrekrimsus Sulawesi Selatan mulai menyelidiki walikota dan beberapa pejabat masyarakat.

Jumlah ketapang kencana ini membuat kita semakin penasaran tentang betapa pentingnya pohon ketapang kencana ini, dan bagaimana morfologi pohon ini? Berikut ini adalah evaluasi untuk Anda

Ada banyak keuntungan menjaga tanaman ini di kebun. Pohon ini tidak hanya menjadi pelindung, tetapi juga bisa menjadi pelindung untuk membuat rumah terasa sejuk. Pohon ini memiliki ketinggian hingga dua meter.

Warna merah dan putih adalah ciri khas dari pohon ini dan daya tarik yang membuat orang merawatnya. Namun, untuk menyimpan pohon ini di kebun Anda, Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang karena harganya cukup mahal. Untuk ukuran ½ meter, harganya 1 juta Rp.

Jika ukurannya dua meter, harganya akan mencapai 5 juta rupee. Selain warna yang menarik, pohon ini juga sangat subur. Tanaman Ketapang Kencana adalah jenis tanaman dan pelindung yang masih sangat langka.

Nama ilmiah pohon Ketapang Kencana adalah Terminalia Mantaly, yang saat ini banyak digunakan di Pembibitan Bandung di desa Wisata Bunga-Cihideung. Banyak area taman yang ditanami pohon ketapang kencana dapat menimbulkan risiko positif karena rindang dan dapat menyerap berbagai polusi udara, yang tentunya juga berisiko bagi rumah yang lebih baik dan lebih ramah lingkungan.

Cabang ketapang yang tumbuh dapat berguna untuk menyaring sinar matahari. Hal ini sangat mungkin membuat ruangan terasa lebih atau kurang sejuk dan teduh. Selain itu, ada akar di organ, yang berguna untuk menyerap air berlebih. Dapat diartikan bahwa pohon ini tidak hanya dapat digunakan untuk dekorasi, tetapi juga dapat meminimalkan terjadinya banjir, karena area akar dapat menyerap air yang tumpah oleh langit.

Secara keseluruhan, hampir semua area pohon Ketapang dapat mengambil manfaat darinya. Daun dibutuhkan untuk banyak bahan dasar untuk produksi tinta, warna hitam dan untuk penyamakan kulit. Daun ketapang mengandung 12 jenis tanin yang bisa dihidrolisis. Jaringan kulit kayu (pepagan) dapat digunakan sebagai pewarna. Warna-warna Ketapang berwarna kuning kecoklatan sampai zaitun. Kulit kayu ini memiliki kandungan tanin 11% – 23%.

Kayu pohon ketapang berwarna merah muda sampai kecoklatan. Berat gaya kayu yang disebut terminalia coklat kemerahan kira-kira antara 0, 465 dan 0, 675. Kayu pohon ketapang tidak terlalu tahan lama, tetapi cukup kuat dan Kokoh

Pohon ini adalah tanaman pelindung yang mudah dirawat untuk pemeliharaan. Bilas hanya sekali sehari setiap pagi. Namun, ketika ukurannya sudah mencapai dua meter, hanya dua hari di pagi dan sore hari yang bisa disiram. Selain penyiraman, pohon ini juga membutuhkan pupuk dua kali sebulan.

Usahakan menjaga jarak saat memberi pupuk agar Anda tidak terkena batang atau daun.

Pupuk yang terpapar batang atau daun Ketapang Kencana mati di pohon, pasokan pupuk kandang tidak boleh terlalu besar. Ini menyebabkan pohon memanas dan mempengaruhi pertumbuhan.

Pohon ketapang awalnya berasal dari Asia Tenggara dan kemudian menyebar ke hampir semua wilayah, termasuk Asia Tenggara.

Pohon ketapang juga biasa ditanam di Australia, India, Madagaskar hingga Amerika Tengah dan Selatan.

Pohon ini memiliki varian dialek yang berbeda, termasuk:

Batam: Hatapang

Nias: Katafa

Minangkabau: Katapiĕng

Simeulue: lapar

Timor Timur: Ketapas

Bugis: atap

Dan lainnya

Selain dialek yang berbeda, pohon Ketapang disebut sebagai daerah di beberapa daerah. Itu artinya

Sulawesi Utara: Talisei, Tarisei, Salrisĕ

Maluku Utara: Tiliso, Tiliho, Ngusu

Maluku: Sari, Sirisa, Sirisal, Sari

Merah: Lisa

Papua Barat: halus, segar

Dan banyak lagi

Dalam bahasa Inggris, pohon ketapang ini dikenal dengan berbagai jenis nama, termasuk satu

Almond tebal

Almond India

Malabar almond

Almond Singapura

Almond tropis

Almond laut

Pantai almond

Pohon talisay

Pohon payung

dan lainnya.

Istilah almond dalam ketapang mengacu pada biji yang rasanya seperti almond. Inilah sebabnya mengapa sebagian besar daftar bahasa Inggris memiliki kata almond.

KARAKTERISTIK JENIS KERTAS

Pohon ketapang sering terlihat tinggi dan rindang. Tapi tahukah Anda seberapa besar pohon itu?

Pohon ini dapat tumbuh hingga 40 meter dengan diameter batang 1,5 meter.

Pohon ini tampaknya memiliki cabang yang tumbuh secara horizontal dan berlapis. Bahkan pohon ketapang muda terlihat seperti pagoda, sementara pohon tua dan besar sering berakar.

Daun ketapang

Daun rimbun menghiasi cabang-cabang kayu dari telur Ketapang seperti pohon oval dengan ujung bulat, sementara bagian yang berlawanan menyusut ke batang pohon.

Penguatan mata pisau berjalan sejajar dengan ujung mata pisau yang bergelombang. Ukuran daun ketapang sekitar 8-25 cm.

Buah ketapang

Buahnya keras lonjong dengan bentuk lonjong, agak pipih dan bersudut. Ketika Ketapang masih muda, warnanya hijau kekuningan, dan ketika sudah matang, warnanya berubah menjadi ungu kemerahan.

Biji buah yang bisa dimakan dari Ketapang. Beberapa orang bahkan berpikir bahwa biji ketapang lebih baik daripada biji kenari. Karena itu, banyak pembuat kue menggunakan biji ketapang untuk menggantikan kacang kenari dan almond. Saat dijemur, bagian tengah biji ketapang membentuk minyak kekuningan. 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>